Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentagon

Pentagon ternyata masih fokus membeli mesin perang macam tank amfibi. Padahal, tank yang sohor dengan nama Expeditionary Fighting Vehicles (EFVs) dari perusahaan General Dynamics Corp, menurut Menteri Pertahanan AS Robert Gates sudah terhitung ketinggalan zaman.

Memang tank tersebut "gape" melakukan manuver baik di darat maupun di air. Sudah begitu, kendaraan perang itu mampu mengangkut 17 anggota pasukan bersenjata lengkap untuk mendarat dari jarak sekitar 30 kilometer di tepi pantai. "Perang modern sudah meninggalkan peralatan seperti itu. Sebab, musuh AS mengembangkan senjata-senjata canggih yang mampu menyerang kapal yang akan merapat ke pantai," kata Gates.

Alhasil, porsi duit untuk pembelian tank di daftar anggaran itu disetip. Tak berhenti sampai di situ, gara-gara defisit anggaran negara makin membengkak, Uwak Sam akan mengurangi 47.000 personel militer. Rinciannya, dari jumlah itu, 15.000 sampai 20.000 dari marinir yang saat ini berkekuatan 200.000 dan sisanya dari angkatan lain.

Dia menyatakan rencana ini ketika Kongres yang baru mengambil alih jabatan di tengah kekhawatiran mengenai defisit. Langkah-langkah pemotongan lainnya yang diumumkan oleh Gates, antara lain, rencana untuk mengurangi jumlah pesanan pesawat tempur F-35 selama tiga hingga lima tahun mendatang.

Gates mengatakan, sebagaimana warta AP dan AFP pada Jumat (7/1/2011), dia ingin mengakhiri sikap Pentagon pascaserangan 11 September yang menggunakan anggaran seakan-akan uang itu tiada batasnya dan tidak mempertimbangkan sumber pendanaan. Demikian catatan online ilmu rayap tentang Pentagon.